SMK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Jl. Nginden Semolo No. 44, Surabaya. No.Tlp: 031-5925238

Berbudi Luhur, Berkualitas dan Berkompeten

AKOMODASI PERHOTELAN

Senin, 28 Januari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 31866 Kali

A. Pengertian Akomodasi

Yang dimaksud dengan akomodasi adalah sarana untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dapat dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lainnya.

B. Jenis – jenis Akomodasi

Agar dapat membandingkan hotel dengan jenis akomodasi yang lain, dalam bahasan berikut ini akan diuraikan secara singkat mengenai pengertian – pengertian dari jenis – jenis akomodasi sebagai berikut:

1. Hotel

Hotel adalah salah satu jenis akomodasi  yang mempergunakan sebagain atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersil.

 

2. Motel

Ada beberapa pengertian tentang motel, yaitu:

  1. Bangunan yang terletak di luar pusat kota dan daerah sekat high way (jalan raya), biasanya pada bangunan itu disediakan penginapan dalam bentuk apartemen dan dapat untuk tempat tinggal kurang dari 24 jam, apartemen itu memiliki pintu masuk  tersendiri dan satu garasi atau tempat parkir mobil.
  2. Gabungan dari dua kata, yakni motor dan hotel, yaitu hotel yang menyedikan fasilitas khusus, yakni kendaraan bermotor.
  3. Motor hotel, yaitu sejenis akomodasi yang biasanya terdapat di anatra dua kota besar, tempat para pengendara mobil dapat beristirahat sesudah perjalanan jauh dan baru meneruskan perjalanannya pada keesokan harinya; mobil pemilik dapat diparkir dekat kamar.
  4. Gust House Sejenis akomodasi yang dapat dimiliki oleh suatu perusahaan atau instansi yang diperuntukkan bagi para tamu yang menginap dan mendapatkan pelayanan makan dan minum. Dalam pengertian aslinya, guest house merupakan akomodasi yang mempunyai fasilitas sederhana. Termasuk dalam jenis ini, di Indonesia dikenal dengan nama Pondok Wisata.
  5. Youth Hostel Adalah bangunan bagi para pejalan muda, penaik sepeda, dan sebagainya dapat tinggal dan makan atau menyediakan makanannya sendiri dengan murah.
  6. Apartement adalah Bangunan yang menyediakan jasa akomodasi jangka lama untuk sejumlah orang dalam unit tersendiri  dengan suatu dapir dan ruang tunggal atau ruang makan.
  1. Apartement Hotel

Bangunan bercorak hotel yang terdiri dari beberapa apartement yang tidak menyediakan jasa catering (pelayanan).

Akomodasi secara umum dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Akomodasi Komersil, yaitu akomodasi yang dibangun dan dioperasikan semata-mata untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.
  2. Akomodasi Semi Komersil, yaitu akomodasi yang dibangun dan dioperasikan bukan semata-mata untuk tujuan komersil, tetapi juga untuk tujuan sosial (masyarakat yang kurang mampu).
  3. Akomodasi Non Komersil, yaitu akomodasi yang dibangun dan diopersikan semata-mata untuk tujuan non komersil, yaitu tidak mencari keuntungan atau semata-mata untuk tujuan sosial atau bantuan secara cuma-cuma, namun khusus untuk golongan/kalangan tertentu dan juga untuk tujuan tertentu.

 

Jenis-jenis sarana akomodasi, adalah sebagai berikut  :

  1. Inn atau hotel

    adalah jenis akomodasi yang mempergunakan seluruh atau sebagian bangunan untuk menyediakan jasa 

    penginapan, makan dan minum serta jasa lain untuk umum yang dikelola secara komersial

  1. Motel (motor hotel / motorist hotel)

    adalah tempat beristirahat bagi pengemudi kendaraan bermotor, motor berlokasi di pinggir jalan raya 

    yang menghubungkan  satu kota dengan kota lain

  1. Resor, adalah penginapan yang umumnya berada di daerah tujuan wisata
  2. Pondok wisata (homestay)

    adalah usaha perorangan dengan menggunakan sebagian dari rumah tinggal untuk penginapan dengan 

    perhitungan pembayaran harian

  1. Karavan (recreationa vehicle), adalah tempat menginap yang bergerak dengan menggunakan 

    kendaraan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ida Ayu Laksmi Dewi,S.Hub.,Int

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Om Swastiastu Shalom Namo Buddhaya Salam Kebajikan Salam sejahtera bagi kita semua.   Puji Syukur Alhamdulillah kami…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah?

LIHAT HASIL