SMK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Jl. Nginden Semolo No. 44, Surabaya. No.Tlp: 031-5925238

Berbudi Luhur, Berkualitas dan Berkompeten

Usaha Layanan Wisata

Rabu, 22 Nopember 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 12670 Kali

Tujuan kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut:
  • Melaksanakan pekerjaan di lingkup penguasaan proses dan penerbitan tiket perjalanan domestik dan internasional.
  • Melaksanakan perencaaan perjalanan dan program wisata, serta kemampuan pemanduan wisata.
     
Definisi :
Usaha Perjalanan Wisata adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang pengelolaan perjalanan wisata, pemandu wisata, maupun layanan kehumasan. Kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata  menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan lingkup tiketing, tour planning, tour guiding dan tour leader serta MICE. 

 

Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SMK/MAK)
  • Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
  • Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
  • Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
  • Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
  • Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
  • Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
  • Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
  • Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
  • Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
  • Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
  • Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
  • Mengapresiasi karya seni dan budaya.
  • Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.
  • Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan.
  • Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
  • Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
  • Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis.
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
     
    Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup ( K3LH )
  • Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan, keselamatan kerja dalam pekerjaannya.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan dalam semua kegiatan pekerjaannya.
  • Memanfaatkan lingkungan dalam semua kegiatan pekerjaannya dengan memperhatikan konsep pemanfaatan lingkungan yang benar dan sehat.
Melaksanakan Kerjsama Dengan Kolega dan Pelanggan
  • Melaksanakan komunikasi ditempat kerja.
  • Memberikan bantuan kepada kolega dan pelanggan.
  • Menjaga standar penampilan diri.
  • Bekerjasama dalam satu tim. 
Melaksanakan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
  • Melaksanakan komunikasi dengan kolega dan pelanggan dari latar belakang yang berbeda.
  • Menangani kesalahpahaman antar budaya.
Menangani Konflik Konsumen
  • Mengidentifkasi situasi konflik.
  • Memberikan solusi/pemecahan situasi konflik.
  • Menanggapi keluhan konsumen.
Memutakhirkan Informasi Industri Konsumen
  • Mengidentifikasi informasi tentang industri pariwisata.
  • Memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata.
Memperbaharui Informasi Tentang Daerah Setempat (lokal)
  • Menjelaskan informasi tentang daerah setempat (lokal)
  • Memperbaharui informai tentang daerah setempat (lokal)
Melakukan Komunikasi Melalui Telepon  
  • Menjawab panggilan telepon/faximile yang masuk.
  • Melakukan panggilan telepon.
Melakukan Prosedur Administrasi
  • Memproses dokumen kantor.
  • Memelihara sistem data.
Menyediakan Infomasi dan Saran Mengenai Daerah Tujuan Wisata
  • Menjelaskan informasi tentang daerah tujuan wisata.
  • Menyajikan informai dan saran tentang daerah tujuan wisata.
Menyusun Laporan Keuangan
  • Membuat jurnal keuangan.
  • Melakukan penyesuaian rekening.
  • Membuat laporan keuangan.
Memproses Reservasi Jasa Penerbangan Udara
  • Menerima permintaan reservasi/permintaan tempat jasa  penerbangan udara.
  • Memutakhirkan data reservasi (up date data)
  • Memberikan saran kepada orang lain tentang reservasi secara rinci.
Mengoperasikan Sistem Reservasi Komputer
  • Menggunakan informai Sistem Reservasi Komputer ( CRS)
  • Memproses reservasi melalui Computerized Reservation System (CRS)
  • Melakukan komunikasi CRS.
Menerbitkan Tiket Penerbangan Domestik
  • Mengiterprestasikan informasi tiket penerbangan domestik.
  • Menghitung tarif penerbangan domestik dan rutenya.
  • Memproses dokumen perjalana udara domestik.
Menerbitkan Tiket Penerbangan Internasional (normal dan promosi)
  • Mengiterpretasikan informasi tarif penerbangan Internasional.
  • Menghitung tarif penerbangan Internasional.
  • Memproses dokumen perjalanan udara Internasional.
Memproses Dokumen Perjalanan Selain Dokumen Perjalanan Udara
  • Menginterpretasikan informasi yang diperlukan dalam memproses dokumen perjalanan.
  • Memporses dokumen perjalanan.
Mengkoordinasikan Jasa-Jasa Pemasok
  • Mengidentifikasi keperluan pemesanan jasa-jasa pemasok.
  • Memintakan (pemesanan jasa) layanan wisata.
  • Memproses permintaan konfirmasi layanan.
  • Melakukan finalisasi pemesanan.
Mengiterpretasikan Informasi Produk Wisata
  • Mengakses informasi produk wisata.
  • Menterjemahkan informasi produk wisata.
  • Memberikan saran tentang pengetahuan produk wisata.
Mengemas Produk Jasa Perjalanan Wisata
  • Mencari informasi produk dan jasa pariwisata.
  • Mengemas produk jasa perjalanan wisata.
Menyiapkan Penawaran Harga Paket Wisata
  • Menghitung biaya produk dan jasa wisata.
  • Memberikan penawaran harga paket wisata kepada pelanggan.
  • Memutakhirkan penawaran harga paket wisata.
Memutahirkan Informasi Umum Bagi Pramuwisata
  • Mengumpulkan informasi umum bagi pramuwisata.
  • Memutakhirkan informasi umum bagi pramuwisata.
Melaksanakan Tugas Kepramuwisataan
  • Menerapkan hukum, susila dan persyaratan keselamatan pramuwisata.
  • Meningkatkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan kepramuwisataan.
Menyiapkan Bantuan Kedatangan dan Keberangkatan
  • Melaksanakan transfer kedatangan  untuk wisatawan rombongan atau perorangan.
  • Melaksanakan transfer keberangkatan untuk wisatawan rombongan atau perorangan.
Mengelola Perjalanan Wisata
  • Merencanakan kegiatan wisata.
  • Memberikan penjelasan singkat kepada wisatawan.
  • Mengelola rencana perjalanan wisata.
  • Memberikan informasi dan bantuan umum.
  • Mengatasi peristiwa yang tidak diharapkan.
Mempresentasikan Komentar Pemanduan Wisata
  • Menyiapkan informasi pemanduan untuk disampaikan kepada pelanggan/wisatawan.
  • Menyajikan komentar pemanduan kepada wisatawan.

KOMENTAR

alyakamila21 - Selasa, 31 Maret 2020

Jalan-jalan ke kota ternate yuk jika butuh mobil hubungi kami di website <<<<< https://ainirentalternate.blogspot.com/

KOMENTARI TULISAN INI

...

Ida Ayu Laksmi Dewi,S.Hub.,Int

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Om Swastiastu Shalom Namo Buddhaya Salam Kebajikan Salam sejahtera bagi kita semua.   Puji Syukur Alhamdulillah kami…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah?

LIHAT HASIL