SMK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Jl. Nginden Semolo No. 44, Surabaya. No.Tlp: 031-5925238

Berbudi Luhur, Berkualitas dan Berkompeten

Ujian Nasional 2019 akan Berbasis Komputer

Senin, 28 Januari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 2111 Kali

Penting! Ini Jadwal Pelaksanaan UNBK 2019 dan Informasi Lain yang Wajib Kamu Ketahui

1. Ujian Nasional 2019 akan Berbasis Komputer

BSNP juga menjelaskan bahwa metode pelaksanaan UN 2019 adalah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk jenjang SMA/MA, SMK, dan Paket C ditargetkan 100 persen akan berbasis komputer. Sedangkan untuk jenjang SMP ditargetkan 85 persen UNBK, dan jenjang MTs serta Paket B ditargetkan 100 persen UNBK.

2. Soal UN akan menggunakan Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Pada soal UN tahun 2019 mendatang juga masih akan ditambahkan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang disebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Biasanya soal HOTS ini akan diaplikasikan pada mata pelajaran matematika.

Terkait dengan soal, untuk USBN soal akan terdiri dari Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90% dan soal uraian sebanyak 10%. Soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25%. Untuk soal UN sendiri 100% akan disiapkan oleh Pusat. Semua soal UN akan berbentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri dari pilihan ganda dan isian singkat.

3. Jadwal Pelaksanaan UN 2019 Dimajukan

Kamu sudah tahu kalau jadwal Ujian Nasional tahun depan akan dimajukan? Yap, jika tahun 2018 lalu dimulai pada bulan April, UN 2019 akan dimajukan menjadi bulan Maret akhir. Pergeseran ini untuk menyesuaikan waktu puasa Ramadhan yang diproyeksikan mulai tanggal 5 Mei 2019. Hal tersebut sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bandan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kisi-kisi juga dirilis agar kamu bisa melakukan persiapan ujian lebih dini.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ida Ayu Laksmi Dewi,S.Hub.,Int

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Om Swastiastu Shalom Namo Buddhaya Salam Kebajikan Salam sejahtera bagi kita semua.   Puji Syukur Alhamdulillah kami…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah?

LIHAT HASIL